Ketika “Sama” VS “BEDA”


 

images (10)Ketika kata “Sama” bertemu dengan “Beda” maka sama dan beda ini pasti tidak akan bisa di samakan bahkan di satu kan karena pasti akan tetap beda jadinya. Ngomongin dua kata ini bukan untuk mencari siapa pemenang di antara mereka berdua tapi melainkan untuk menyatakan bahwa mereka berdua tidak bisa bersatu.

Jadi, kata “Sama” ini tidak jauh dari kehidupan kita sehari-hari. Dalam pembicaraan kita yang kesehari-hariannya pun kata ini tidak pernah luput kita lontarkan dari mulut kita. Baik itu untuk hal yang baik maupun untuk hal yang tidak baik. Contoh : Misalnya seorang kakak sama adeknya yang selalu ngomong buat adeknya itu seperti ini,”Lihat anak orang, ada sama kayak kamu? Anak orang pandai , rajin. Kamu Malas, bodoh lagi”. Nah ini sedikit contoh dalam kehidupan sehari-hari, yang mana keluarga mendidiknya seperti itu. Dan menurut aku itu tidak baik karena anak akan berpikir bahwa dia tidak di banggakan malah di jatuhkan oleh keluarganya.

Contoh lain dalam kehidupan Asmara/Percintaan yaitu, Ketika seorang cowok atau cewek yang masih merasa kurang senang sama pasangannya, ngomongnya seperti ini, “Coba lihat pacar teman aku, dia tidak sama seperti kamu, pacar teman aku bisa senangin pacarnya, bisa antar jemput, beli ini beli itu, mau ini bisa mau itu bisa, semua bisa sama dia, sedangkan kamu apa-apa gak bisa!”. Nah ini juga sedikit contoh di dalam pacaran. Dan ini juga tidak baik menurut aku, berarti kita tidak bisa menghargai pasangan kita, kita malah membangga-banggakan pacar orang. Kekurangan itu ada bukan karena di buat-buat tapi memang sudah begitunya. Jadi terimalah apa adanya seseorang itu bukan karena dia ada apanya.

Nah, berbicara untuk kata “Beda”. Di dalam dunia ini tidak ada yang sama, semua itu pasti ada bedanya. Bahkan ciptaan Allah swt pun tidak ada yang sama persis, pasti Allah membuatnya ada yang beda diantara ciptaanNya itu. Misalnya orang kembar, pasti diantara mereka ada yang beda. Apa lagi buatan manusia. Banyak sekali terdapat perbedaan-perbedaannya. Ada yang miring, lurus, bengkok, lecet, pokoknya ada saja yang beda. Jadi biarpun sama akan tetapi perbedaan akan tetap ada di dalamnya.

Jadi intinya adalah “JANGAN PERNAH MENYAMAKAN SESUATU YANG KITA PUNYA DENGAN YANG LAIN, JANGAN PERNAH SAMAKAN ADIK/KELUARGAMU DENGAN KELUARGA ORANG LAIN, DAN JANGAN PERNAH SAMAKAN JUGA PASANGANMU DENGAN PASANGAN ORANG LAIN”. BERBANGGALAH DENGAN PUNYA KAMU SENDIRI & TERIMALAH ITU SEMUA DENGAN APA ADANYA, ITU AKAN MENJADI LEBIH BAIK. INSYAALLAH. Semoga Bermanfaat.

Edi Saputra, 9:28 PM & 30 juli 2013 at BEM STKIP

 

 

About saputra3di

My family is everything

Posted on July 30, 2013, in Cerita2Ku and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: