Indahnya Idul Fitri


images (18)Indahnya menyambut hari raya idul fitri di kampung halaman bersama keluargaku tercinta. Hari itu tanggal 4 bulan 8 yaitu tepatnya hari minggu jam 03.30 aku berangkat ke kampung halaman ku. Pulkam singkatan dari Pulang Kampung/Mudik  ini sepertinya memang sudah menjadi tradisi kami sebagai anak rantau atau orang – orang yang meninggalkan kampung halamannya untuk mencari rezeki di negeri orang. Nah bulan yang penuh berkah atau ramadhan inilah menjadi bulan untuk kami melepaskan rindunya kepada keluarga kami tercinta di kampung halaman.

Sampai di kampung, kami anak rantau pasti di sambut oleh keluarga dengan penuh bahagia. Ngomong – ngomong di kampong. Aku sendiri juga merasa sangat senang karena bisa merasakan hidup dengan keluarga sendiri yang begitu lengkap. Biasanya 3 hari sebelum lebaran atau beberapa hari mau lebaran. Adik – adik kita yang perempuan bersama ibu pasti mereka lagi sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut hari yang fitrah itu dengan membersihkan rumah, buat kue serta yang lainnya. Pemandangan seperti ini memang tidak jarang lagi kita lihat di kala lebaran tiba terutama di tempat aku sendiri. Dan lain halnya dengan ayah, di kala mau lebaran atau tepatnya di hari megang pasti sibuk mencari daging untuk di masak dan di makan ketika malam lebaran tiba. Dan ini juga sudah menjadi tradisi kita.

Di kala malam tiba, kita duduk berkumpul bersama – sama sambil bercerita – cerita tentang hidup kita di negeri orang. Ayah, ibu, serta adik – adik kita pasti mendengar apa yang kita cerita dan di situlah aku sangat merasa bahagia karena bisa bercanda tawa barsama orang – orang yang sangat aku sayangi. Aku bisa melihat senyum ibuku yang lama tidak bisa aku lihat, aku bisa memperhatikan tawa ayahku yang begitu bahagia dalam keluarga kecil ini, dan juga aku bisa melihat adik – adik ku yang bercanda gurau bersama.

Dan, di kala malam lebaran tiba. Sembari di mesjid – mesjid atau di menasah – menasah kampung sedang mengumandangkan takbirnya, Kita bisa melihat anak – anak kecil yang sibuk dengan lilinnya yang di bakar dan di tarok di dalam tempurung bermain – main di sekitar rumah bahkan terkadang keliling kampong sambil bakar – bakar mercon serta kembang api yang menghiasi langit malam itu untuk menyambut malam yang di tunggu – tunggu itu. Oh sungguh indah malam Idul Fitri ini.

Ketika pagi idul fitri tiba, kita bisa melihat orang – orang laki yang begitu rapi dengan baju kokonya masing – masing serta yang perempuan dengan mukenanya yang menutupi seluruh tubuhnya pergi ke mesjid untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri. Setelah shalat siap kita pasti langsung ke rumah untuk bermaaf-maafan dengan ibu-bapak dan semua keluarga kita. Serta ada juga yang pergi ke makam sanak saudaranya yang telah duluan meninggal dunia.

Begitulah sedikit cerita tentang tradisi pulang kampung serta hari raya idul fitri. Bermacam rasa yang kita rasa seperti Bahagia, haru, senang. Sedih semua bercampur di situ. Bulan serta hari yang paling indah dalam hidup ini.

Jam 4.05 tanggal 7-8-2013 di rumahku istanaku tercinta..:D

About these ads

Leave a comment

Filed under Cerita2Ku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s